LARANGAN RIBA DALAM AL-QUR`AN DAN AS-SUNNAH

Umat Islam dilarang mengambil riba apapun jenisnya. Larangan supaya umat islam tidak melibatkan diri dengan riba bersumber dari bebagai surah dalam Al-Qur`an dan hadist Rasulullah saw.

  1. 1.       Larangan Riba dalam Al-Qur`an

Larangan riba yang terdapat dalam Al-Qur`an tidak di turunkan sekaligus, melainkan di turunkan dalam empat tahap.

Tahap pertama, menolak anggapan bahwa pinjaman riba yang pada zahirnya seolah-olah menolong mereka yang memerlukan sebagai suatu perbuatan mendekati atau taqarrub kepada Allah SWT.

وَمَا آَتَيْتُمْ مِنْ رِبًا لِيَرْبُوَ فِي أَمْوَالِ النَّاسِ فَلَا يَرْبُو عِنْدَ اللَّهِ وَمَا آَتَيْتُمْ مِنْ زَكَاةٍ تُرِيدُونَ وَجْهَ اللَّهِ فَأُولَئِكَ هُمُ الْمُضْعِفُونَ (39)

“Dan, sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar dia menambah pada harta maanusia, maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. Dan, apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, maka (yang berbuat demikian) itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).” (ar-Ruum:39)

                Tahap kedua,  riba di gambarkan seebagai sesuatu yang buruk. Allah SWT mengancam akan memberi balasan yang keras kepada orang yahudi yang memakan riba.

فَبِظُلْمٍ مِنَ الَّذِينَ هَادُوا حَرَّمْنَا عَلَيْهِمْ طَيِّبَاتٍ أُحِلَّتْ لَهُمْ وَبِصَدِّهِمْ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ كَثِيرًا (160) وَأَخْذِهِمُ الرِّبَا وَقَدْ نُهُوا عَنْهُ وَأَكْلِهِمْ أَمْوَالَ النَّاسِ بِالْبَاطِلِ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ مِنْهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا (161)

                “Maka, disebabkan kedzaliman orang-orang yahudi, kami haramkan atas mereka (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) di halalkan bagi mereka, dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah, dan di sebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang darinya, dan karena mereka memakan harta orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.” (an-Nisaa` : 160-161)

                Tahap ketiga, riba diharamkan dengan dikaitkan kepada suatu tambahan yang berlipat ganda. Para ahli tafsir berpendapat bahwa pengambilan bunga dengan tingkat yang cukup tinggi merupakan fenomena yang banyak dipraktikkan pada masa tersebut. Allah berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَأْكُلُوا الرِّبَا أَضْعَافًا مُضَاعَفَةً وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (130)

                “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwlah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Ali imran: 130)

                Ayat ini turun pada tahun ke-3 Hijriah. Secara umum, ayat ini harus dipahami bahwa kriteria berlipat ganda bukanlah merupakan syarat dari terjadinya riba (jikalau bunga berlipat ganda maka riba, tetapi jikalau kecil bukan riba), tetapi ini merupakan sifat umum dari praktik pembungaan uang pada saat itu.

                Demikian juga ayat ini harus dipahami secara komprehensif dengan ayat 278-279 dari surah al-Baqarah yang turun pada tahun ke-9 Hijrian (keterangan lebih lanjut lihat pembahasan “ Alasan Pembenaran Penganbilan Riba”, poin “Berlipat Ganda”)

                Tahap terakhir, Allah SWT dengan jelas dan tegas mengharamkan apapun jenis tambahan yang diambil dari pinjaman. Ini adalah ayat terakhir yang diturunkan menyangkut riba.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَذَرُوا مَا بَقِيَ مِنَ الرِّبَا إِنْ كُنْتُمْ مُؤْمِنِينَ (278) فَإِنْ لَمْ تَفْعَلُوا فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَإِنْ تُبْتُمْ فَلَكُمْ رُءُوسُ أَمْوَالِكُمْ لَا تَظْلِمُونَ وَلَا تُظْلَمُونَ (279)

                “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka, jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu. Dan, jika kamu bertobat (dari pengambilan riba) maka bagimu poko hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya.” (al-Baqarah: 278-279)

                Ayat ini baru akan sempurna kita pahami jika kita cermati bersama asbabun nuzulnya. Abu Ja`far Muhammad bin Jarir ath-Thabari meriwayatkan,

                “kaum Tsaqif, penduduk kota Thaif, telah membuat suatu kesepakatan dengan Rasulullah saw. Bahwa semua utang mereka, demikian juga piutang (tagihan) mereka, yang berdaasarkan riba agar dibekukan dan dikembalikan hanya pokoknya saja. Setelah fathul makkah, rasullullah menunjuk Itab bin Usaid sebagai gubernur mekkah yang juga meliputi kawasan Thaif sebagai daerah administrasinya. Bagi Amr bin Umair bin Auf adalah orang yang senantiasa meminjamkan uang secara riba kepada bani mughirah dan sejak zaman jahiliah bani mughirah senantiasa mebayarnya dengan tambahan riba. Setelah kedatangan islam, mereka tetap memiliki kekayaan dan aset yang banyak. Karenanya, datanglah Bani Amr untuk menagih utang dengan tambahan (riba) tersebut, Dilaporkanlah masalah tersebut kepada Gubernur Itab bin Usaid. Menanggapi masalah ini. Gubernur Itab langsung menulis surat kepada Rasulullah saw. Dan turunlah ayat di atas. Rasulullah saw. Lantas menulis surat balasan kepada Gubernur Itab, ‘jika mereka ridha atas ketentuan Allah diatas maka itu baik, tetapi jika mereka menolaknya maka kumandangkanlah ultimatum perang kepada mereka.’”

  1. 2.       Larangan Riba dalam Hadist

Pelanggaran riba dalam islam tidak hanya merujuk pada Al-Qur`an, melainkan juga al-hadist. Hal ini sebagaiman posisi umum hadist yang berfungsi untuk menjelaskan lebih lanjut aturan yang telah digariskan melalui Al-Qur`an, pelarangan riba dalam hadist lebih terinci.

Dalam amanat terakhirnya pada tanggal 9 Dziulhijjah tahun 10 Hijriah, Rasulullah saw. Masih menekankan sikap Islam yang melarang riba.

“ingatlah bahwa kamu akan menghadap tuhanmu dan dia pasti akan menghitung amalanmu. Allah telah melarang kamu mengambil riba. Oleh karena itu, utang akibat riba harus dihapuskan. Modal (uang pokok) kamu adalah hak kamu. Kamu tidak akan menderita apapun mengalami ketidakadilan.”

Selain itu masih banyak lagi hadist yang menguraikan masalah riba. Di antaranya,

Diriwayatkan oleh Aun bin Abi Juhaifa, “Ayahku membeli seorang budak yang pekerjaannya membekam (mengeluarkan darah kotor dari kepala). Ayahku kemudian memusnahkan peralatan bekam si budak tersebut. Aku bertanya kepada ayah mengapa beliau melakukannya. Ayahku menjawab bahwa Rasulullah SAW. Melarang untuk menerima uang dari transaksi darah, anjing, dan kasab budak perempuan. Beliau juga melaknat pekerjaan penato dan yang minta ditato, menerima dan memberi riba serta beliau melaknat para pembuat gambar.” (HR Bukhari no. 2084 kitab al-Buyu)

Diriwayatkan oleh Abu Said al-Khudri bahwa pada suatu ketika bilal membawa barni (sejenis kurma berkualitas baik) kehadapan Rasulullah saw. Dan beliau bertanya kepadanya, “Darimana engkau mendapatkannya?” bilal menjawab, “saya mempunyai kurma dari jenis yang rendah mutunya dan menukarkannya dua sha` untuk satu sha` kurma jenis barni untuk dimakan oleh rasulullah saq. “selepas itu Rasulullah terus berkata, “hati-hati! Hati-hati! Ini sesungguhnya riba, ini sesungguhnya riba. Jangan berbuat begini, tetapi jika kamu membeli (kurma yang mutunya tinggi), juallah kurma yang mutunya rendah untuk mendapatkan uang dan kemudian gunakanlah uang tersebut untuk membeli kurma yang bermutu tinggi itu.” (HR Bukhari no. 2145, kitab al-Wakalah)

Diriwayatkan ole abdurrahman bin Abu Bakar bahwa ayahnya berkata, “Rasulullah saw melarang penjualan emas dengan emas dan perak dengan perak kecuali sama beratnya, dan membolehkan kita menjual emas dengan perak dan begitu juga sebaliknya sesuai dengan keinginan kita.” (HR Bukhari no. 2034, kitab al-buyu)

Diriwayatkan oleh Abu Said al-Khudri bahwa Rasulullah saw. Berkata,”emas hendaklah dibayar dengan emas, perak dengan perak, gandum dengan gandum, tepunga dengan tepung, kurma dengan kurma, garam dengan garam, bayaran harus dengan dari tangan ke tangan (cash). Barangsiapa memberi tambahan atau meminta tambahan, sesungguhnya ia telah berurusan dengan riba. Penerim dan pemberi sama-sama bersalah.” (HR Muslim no. 2971, dalam kitab al-masaqqah)

Diriwayatkan ole Samurah bin Jundub bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “malam tadi aku bermimpi, telah datang dua orang daan membawaku ke tanah suci. Dalam perjalanan, sampailah kami ke suatu sungai darah, dimana didalamnya berdiri seorang laki-laki. Dipinggir sungan tersebut berdiri seorang laki-laki lain dengan batu di tangannya. Laki-laki yang ditengah sungai itu berusaha untuk keluar, tetapi laki-laki yang di pinggir sungai tadi melempari mulutnya dengan batu dan memaksanya kembali ke tempat asal. Aku bertanya, ‘siapakah itu?’ aku diberitahu bahwa laki-laki yang ditengah sungai itu ialah orang yang memakan riba.” (HR Bukhari no. 6525, kitab at-Ta`bir)

Jabir berkata bahwa rasulullah saw mengutuk orang yang menerima riba, orang yang membayarnya, dan orang yang mencatatnya, dan dua orang saksinya, kemudian beliau berkata “Mereka itu semuanya sama.”(HR Muslim no. 2995, kitab al-Masaqqah)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw berkata, “Pada malam perjalanan mi`raj, aku melihat orang-orang yang perut mereka seperti rumah, didalamnya dipenuhi oleh ular-ular yang kelihatan dari luar. Aku bertanya kepada jibril siapakah mereka itu. Jibril menjawab bahwa mereka adalah orang-orang yang memakan riba.”

Al-Hakim meriwayatkan dari ibnu Mas`ud bahwa nabi saw berkata, “Riba itu mempunyai 73 pintu (tingkatan); yang paling rendah (dosanya) sama dengan seseorang yang melakukan zina dengan ibunya.”

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersaba. “Tuhan sesungguhnya berlaku adil karena tidak membenarkan 4 golongan memasuki surga atau tidak mendapat petunjuk dari-Nya. (mereka itu adalah) Peminum arak, pemakan riba, pemakan harta anak yatim, dan mereka yang tidak bertanggung jawab/menelantarkan ibu-bapaknya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s